Sunday, March 6, 2016

Nadheera - Toilet Training


Toilet training adalah masa dimana transisi dari popok / diaper ke penggunaan toilet. Istilah toilet training sendiri sebenarnya banyak yang belum memahami. Ada kerancuan, dimana anak harus bisa melakukan kegiatan di toilet sendiri, atau ada juga anak mulai pembiasaan tanpa diapers. 


Dari beberapa sumber yang saya baca, ada orang tua yang sudah mengajarkan anaknya toilet traning dari usia 2tahun keatas. Mungkin maksudnya disini memang pembiasaan anak terhadap kegiatan toilet sendiri. Misal, 'mau pipis bilang bunda dulu ya'. Atau anak akan BAB sudah diajarkan untuk mengatakan pada ayah atau bunda. Bahkan mengajarkan anak untuk ke toilet sendiri. Ada juga yang memulai toilet training pada usia di bawah 2 tahun. Secara perilaku, anak di bawah 2 tahun belum mampu untuk berbicara secara utuh, tapi maksud dari toilet training untuk anak di bawah 2 tahun adalah mengenalkan rasa 'basah' ketika pipis, dan mulai merasakan kurang nyaman, sehingga memberi tanda kepada orang tua kalau si anak sudah basah. Anak yang terbiasa menggunakan diapers dalam keseharian bisa jadi akan membutuhkan waktu yang lama untuk masa toilet training.


Bagi saya, toilet training untuk Nadheera sudah saya mulai sejak usia 15 bulan. Mengapa? Banyak pertimbangan. Pertama, Nadheera sehari-hari menggunakan diapers, saya mengurangi ketergantungan dalam penggunaaan diapers. Apalagi sejak cuaca ekstrim, hingga muncul biang keringat di sekitar pinggang akibat sirkulasi udara pada diapers yang kurang bagus. Kedua, mengajarkan Nadheera untuk merasakan rasa 'basah' ketika pipis. Nadheera adalah tipe anak yang tidak suka basah, kotor, dan lengket. Saat saya mencoba menggunakan celana biasa, tanpa diapers, saat pipis Nadheera langsung bersuara. Walaupun sudah basah duluan, setidaknya saya cepat tahu dan langsung mengganti celana. Ketiga, mengajarkan untuk buang air kecil atau buang air besar di kamar mandi. Nadheera pipis tidak sering. Pada saat masih menggunakan diapers, popok nya tidak terlalu penuh dalam jangka waktu 4jam. Karena Nadheera memiliki keringat yang berlebih. Saya pernah mencoba tidak memberi Nadheera diapers pada malam hari, dan takjubnya Nadheera tidak ngompol. Saat Nadheera bangun tidur, saya dengan sigap angkat dan bawa ke kamar mandi. Nadheera pipis di kamar mandi. Sejak saat itu saya mulai membiasakan Nadheera tanpa diapers. Walau masih belum maksimal dan repot hatus mengganti tiap saat, atau pel sana sini, setidaknya saya terus melatih hingga nanti disaat Nadheera mulai berbicara lancar, bisa merasakan rasa 'pengen' pipis, dan toilet training nya berhasil. 

Mungkin banyak yang mengatakan saya terlalu cepat mengajarkan toilet training, tapi bukankan lebih cepat lebih baik. Karena pembiasaan dari kecil akan lebih mudah jika nanti si anak mulai tumbuh menjadi anak-anak. Banyak tips lain untuk toilet traning. Untuk sekarang karena Nadheera masih di bawah 2tahun saya masih belum membuatkan game untuk reward toilet traning. Dengan perkembangan Nadheera saya sudah cukup puas. 

~Suci Mairozasya~

No comments:

Post a Comment